Cara Memperbesar Suara Lagu


Mungkin agak bingung ya sama judulnya. Begini, teman² pernah ga dengar lagu MP3? Pasti sering dong (dong itu logat “yayang” wa yang di kakap). Nah, pernah ga dengar lagu mp3 suaranya kecil banget, ampe harus dibesarin banget volumenya? Rasanya gak wajar kan kalau mesti besarin volume hingga 100% padahal biasanya dengan volume ± 30% di winamp, suara udah lumayan gede kan? (dengan setelan master volume dan speaker standard). Koq bisa begitu ya? Ya mungkin saja karena rekamannya emang agak kecil, atau juga mungkin karena format MP3, soalnya yang namanya format MP3 kan jelas gak ori dan gak sejernih format CD asli.
Kalau begitu gimana dong caranya, soalnya dengar2 musik dengan suara kecil2 kan bisa jengkelin banget, belum lagi kalau habis puter lagu yang suaranya kecil, lagu berikutnya suaranya kebesaran, bisa spot jantung, dan gangguan telinga ntar.
Jadi bagi kamu yang merasa volume mp3 nya gak wajar, begini nih cara besarin (atau pun mengecilkan) suaranya.
Pertama-tama, teman² mesti punya software Nero (program untuk “bakar²” cd/dvd), saya rasa teman² pasti ada deh software ini, soalnya software standard koq, kalau gak ada minta diinstallin ke toko komputer ajah, atau cari di internet, atau beli di toko yang jual² cd komputer).
Kedua, program Nero harus sudah terinstall dan bukalah software tersebut. Untuk yang Nero versi 7, caranya klik dan pilih Start Menu -> All Programs -> Nero 7 Ultra Edition -> Audio -> Nero WaveEditor.
Ketiga, setelah Nero WaveEditor kita buka, maka pilih File -> Open atau cukup tekan Ctrl-O, kemudian pilihlah lagu yang akan Anda ubah volume suaranya.
Keempat, bagian ini sangat penting, tekan Ctrl-A (yang artinya select all dari lagu Anda tersebut), kemudian pilih Volume -> Volume Change…
Kelima, nah selanjutnya tinggal digeser ke kanan untuk memperbesar volumenya, kan ada scrollnya, di mana kalau angkanya 0 (nol) berarti default volume aslinya, tinggal digeser ke kanan sampai angka 10 atau terserah Anda. Setelah itu klik tombol OK.
Keenam, setelah selesai kita setting, pilih File -> Save As… Bagusnya disave dengan nama file yang berbeda supaya bisa kita bandingkan antara yang sudah kita ubah dengan yang masih default.
Nah, selamat mencoba!

Related

DOWNLOAD 7593093304639773269

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item